Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbusana Muslim dan Muslimah Cermin Kepribadian dan Keindahan


Whats up Peeps !! ✌ 

Kalian tau istilah Jilboobs? yak! Jilboobs adalah sebutan untuk menyindir wanita yang mengenakan jilbab namun memakai pakaian yang membuat bentuk tubuh tercetak jelas. Semakin zaman berkembang, sepertinya pakaian yang digunakan juga semakin minim. Maka dari itu, disini saya akan menjelaskan makna berbusana muslim dan muslimah agar semua orang dapat berpakaian dengan baik dan benar. Let's Go !⬇

MAKNA BUSANA MUSLIM/MUSLIMAH

Busana atau yang bisa kita sebut sebagai pakaian adalah barang yang dipakai di tubuh kita, seperti baju, celana, dan sebagainya.

A. Busana Muslim
Pertama-tama kita bahas tentang aurat dulu. Aurat untuk seorang laki-laki adalah antara pusar dan lutut. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi :

فَإِنَّ مَا تَحْتَ السُّرَّةِ إِلَى رُكْبَتِهِ مِنَ الْعَوْرَةِ
"Karena diantara pusar sampai lutut adalah aurat". (HR Ahmad)

Jadi jika seorang lelaki mukmin memakai celana pendek diatas lutut, jelas hal itu tidak sesuai dengan syariat islam. Dan hendaklah seorang muslim memakai pakaian yang sederhana, alias tidak mewah dan juga mahal. Hal ini dapat menjauhkannya dari sifat sombong.

Selain itu juga ada beberapa cara berbusana laki-laki, yakni tidak menyerupai pakaian wanita, tidak menyerupai pakaian khas non-muslim, dan tidak menggunakan isbal. Apa itu isbal? Isbal adalah istilah untuk pakaian yang memiliki panjang dibawah mata kaki hingga menyentuh tanah, hal ini dilarang oleh Islam.

B. Busana Muslimah
"Busana muslimah" ialah pakaian wanita Islam yang dapat menutup aurat yang diwajibkan agama untuk menutupinya, gunanya adalah untuk kemaslahatan (kegunaan/manfaat) dan kebaikan bagi wanita itu sendiri serta masyarakat di mana ia berada.

Busana muslimah tidak jauh-jauh dengan yang namanya jilbab. Jilbab adalah sebuah pakaian untuk menutup bagian dada hingga kepala wanita untuk menutup aurat perempuan. Seperti yang banyak orang ketahui, jilbab berfungsi untuk menutup rambut wanita karena rambut wanita itu termasuk aurat. Jilbab juga dikenal dengan istilah kerudung maupun hijab.



Perintah untuk menggunakan jilbab terdapat dalam Q.S. al-Ahzab ayat 59 :

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya :
"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, "Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Swt. Maha Pengampun, Maha Penyayang." (Q.S. al-Ahzab/33:59)

Dalam ayat ini, Rasulullah saw. diperintahkan untuk menyampaikan kepada para istrinya dan juga sekalian wanita mukminah termasuk anak-anak perempuan beliau untuk memanjangkan jilbab mereka dengan maksud agar dikenali dan membedakan dengan perempuan nonmukminah. Hikmah lain adalah agar mereka tidak diganggu. Karena dengan mengenakan jilbab, orang lain mengetahui bahwa dia adalah seorang mukminah yang baik.

C. Perilaku Berbusana Muslim/Muslimah
Setelah kita mengetahui tentang busana muslim/muslimah, kita harus mengamalkannya dengan cara berperilaku mulia, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah saw.

Berikut ini adalah beberapa perilaku mulia yang harus kita lakukan.
1) Sopan-santun dan ramah-tamah
2) Jujur dan amanah
3) Gemar beribadah
4) Gemar menolong sesama
5) Menjalankan amar makruf dan nahi munkar

Maksud dari amar makruf dan nahi munkar yaitu mengajak dan menyeru orang lain untuk berbuat kebaikan dan mencegah orang lain melakukan kemunkaran/kemaksiatan. Contohnya seperti mengajak teman perempuan kita yang belum berhijab menjadi berhijab.

Itulah materi yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat 👍

Posting Komentar untuk "Berbusana Muslim dan Muslimah Cermin Kepribadian dan Keindahan"