Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Surah Al-Ahzab ayat 59

Hello Readers!!

Perintah untuk menggunakan jilbab ternyata ada di Al-Qur'an lho ! Yaitu di surat Al-Ahzab ayat 59, yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya :
"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, "Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Swt. Maha Pengampun, Maha Penyayang." (Q.S. al-Ahzab/33:59)

Isi Kandungan Al-Qur'an Surat Al-Ahzab ayat 59

Ada 2 isi kandungan dari Q.S. Al-Ahzab ayat 59 ini, antara lain :

1. Nabi Muhammad Saw. diperintahkan untuk menyampaikan pesan kepada para istrinya dan juga wanita mukminah termasuk anak-anak perempuan beliau untuk memanjangkan jilbab mereka dengan maksud agar dapat dikenali dan juga membedakan dengan perempuan nonmukminah.

2. Dengan mengenakan jilbab, para wanita muslim tidak akan diganggu karena orang lain mengetahui bahwa dia adalah seorang mukminah yang baik.

Hasil gambar untuk nissa sabyan

Ayat ini diturunkan karena adanya gangguan kafir Quraisy terhadap para wanita muslim, khususnya para istri Rasulullah saw. yang menyamakan mereka dengan budak (pada zaman itu, budak tidak mengenakan jilbab). Untuk itu, ayat ini diturunkan untuk melindungi kenyamanan serta kehormatan para wanita muslim.

Islam memang sangat memperhatikan kepentingan dan kenyamanan wanita dalam bersosialisasi. Jika terjadi kasus pelecehan wanita, maka sebagian besar kasus itu terjadi karena seorang wanita itu sendiri tidak mengamalkan ajakan al-Qur'an untuk berjilbab. Di sekitar kita, masih banyak wanita yang mengaku dirinya muslimah, tetapi masih mengumbar auratnya tanpa rasa malu. Padahal Rasulullah saw. bersabda : "Sesungguhnya rasa malu dan keimanan selalu bergandengan kedua-duanya. Jika salah satunya diangkat, maka akan terangkat kedua-duanya." (Hadis berdasarkan syarah Syeikh Albani dalam kitab Adabul Mufrad).


Setelah kalian membaca artikel diatas, yakin masih tidak mau menggunakan jilbab?^^

Posting Komentar untuk "Kandungan Surah Al-Ahzab ayat 59"